Traveling Gratis? Mau tau caranya - Ini 7 Trik yang Harus dilakukan.

Hellow sobat cakrawala Tour. Mau tahu caranya traveling gratis ala Cakrawala ? Mau tau Tips dan Trik nya? Oke.. Bisa traveling kemana-mana merupakan impian setiap traveler. Untuk kamu traveler yang suka petualangan dan hal baru, ada beberapa trik yang bisa dilkukan untuk traveling tanpa biaya alias gratis. Simak dulu tips berikut :


1. Menjadi sukarelawan / Volunteer Travelers



Foto: (Thinkstock)
Tips ini cocok untuk kamu yang berjiwa sosial dan berdedikasi tinggi, sekaligus petualang, maka 'volunteering' atau tenaga suka rela dapat dilakukan untuk menjadi sarana traveling gratis. Ada berbagai kesempatan 'volunteering' di berbagai belahan dunia. Kamu bisa cari mana yang sesuai dengan keahlian kamu.


Dengan jadi tenaga suka rela, kamu bisa berkarya di suatu tempat, dan diberi akomodasi serta makanan gratis. Coba saja cek website seperti 'Global Volunteer Network.' Apabila masih kuliah, coba juga 'Voluntourism' yang menggabungkan konsep volunteer dan traveling.

2. Menjadi penjaga rumah sambilan atau housesitting

sumber gambar
Tips atau Cara berikutnya untuk bisa traveling gratis adalah dengan 'housesitting.' Sesuai namanya, tugas kamu adalah untuk menjaga rumah dari sang pemilik yang sedang pergi. Cara ini memang membuat kamu tidak bisa traveling jauh dari rumah si pemilik, tapi toh tetap bisa traveling.

Dengan 'housesitting,' kamu bisa traveling ke negara pemilik rumah yang kamu pilih. Kamu dituntut untuk menjaga peliharaan dan rumah, serta menjalin komunikasi dengan sang pemilik rumah. Intinya adalah dedikasi dan tanggung jawab.

3. Ikuti program di  couchsurfing 

gambar via web : https://www.couchsurfing.com/
Apakah sudah pernah mendengar program ini sebelumnya? bisa jadi Anda pernah mendengar website bernama Couchsurfing sebelumnya. Apa itu? Couchsurfing merupakan sebuah situs berskala global, dimana kamu dapat menemukan 'tempat tinggal' di suatu kota secara gratis. Ya, gratis tanpa biaya!

Intinya, kamu dapat melihat sejumlah 'couchsurfer' atau penyedia tempat tinggal di websitenya. Kamu cukup bikin akun, cari tahu 'couchsurfer' melalui reviewnya, dan memulai obrolan soal ketersediaan mereka. Tidak jarang para couchsurfer juga menawarkan berbagai bantuan.

4. Ikut Aja di WWOOFing, Apa itu?


WWOOFing atau 'Willing Workers on Organic Farms, merupakan salah satu cara unik untuk bisa traveling gratis. Kamu bisa bekerja di ladang dengan imbalan makanan dan tempat tinggal gratis! Cocok untuk kamu yang suka alam dan pekerja keras.

Kamu akan diminta untuk bekerja di ladang, setidaknya empat sampai enam jam sehari. Asyiknya, lokasi ladang biasanya ada di tempat yang indah seperti Italia, atau bahkan di bagian timur Indonesia. Cek saja website seperti WWOOF untuk mendapat informasi lebih lanjut. 

5. Minta tebengan gratis

Hitchhiking atau minta tebengan gratis mungkin merupakan sesuatu yang belum umum di Indonesia, namun cukup populer di luar negeri seperti Selandia Baru. Maksud dari 'hitchhiking' adalah meminta tebengan gratis untuk menghemat pengeluaran transportasi.

Foto: (Thinkstock)
Untuk kamu yang perempuan, tentu 'hitchhiking' lebih aman jika dilakukan minimal berdua. Adapun 'hitchhiking' hanya mengandalkan kepercayaan saja, dan belum tentu bisa dipraktekkan di semua negara tujuan kamu. Tapi tidak ada salahnya mencoba.

6. Mengajar Bahasa Inggris (bahasa Asing)



Salah satu keuntungan dari menguasai Bahasa Inggris adalah, kamu bisa traveling gratis ke mana saja. Sejatinya, Bahasa Inggris digunakan oleh hampir semua negara di dunia. Ada banyak kesempatan untuk traveling sambil menjadi pengajar Bahasa Inggris.

Dengan jadi tenaga pengajar Bahasa Inggris, kamu akan dibayar, sekalipun jumlahnya tentu tidak besar. Tapi dengan dapat pemasukan dari mengajar Bahasa Inggris, kan kamu juga bisa traveling. Ada banyak negara Asia yang menawarkan pekerjaan sebagai guru Bahasa Inggris. Coba saja!

7. MENJADI PEMANDU WISATA 

Mulai sekarang pelajarilah tempat-tempat yang menarik di luar negeri sekaligus asah kemampuan berbahasa asing Anda. Dua hal ini bisa jadi akan merubah nasib Anda di masa yang akan datang. Ketika sebagian besar orang bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil atau pengusaha sukses maka bagi orang-orang yang tidak suka bekerja dengan tuntutan yang ribet akan memilih jenis pekerjaan berikut ini.
Bonus sebagai pemandu wisata adalah kesempatan berkeliling dunia (c) ww1.prweb.com

Menjadi pemandu wisata, sebuah pekerjaan yang kini mulai nge-trend seiring makin pesatnya industri pariwisata di dunia. Banyak agen travel membutuhkan orang yang mampu memandu turis dalam mengunjungi destinasi wisata yang keren. Jika dewi fortuna sedang menghinggapi Anda bukan tidak mungkin akan diajak berkeliling dunia. Jikapun tidak maka mengunjungi tempat wisata di dalam negeri cukup lumayan sebagai bonus menjadi seorang pemandu wisata.

NAh sekian sobat cakrawala, beberapa cara diatas terbukti cukup ampuh mengantarkan banyak orang mewujudkan mimpinya pergi keluar negeri dengan gratis. Jika Anda diminta untuk memilih, tips yang mana yang ingin Anda gunakan untuk berkeliling dunia? Kirim tanggapanmu di kolom komentar ya..?