Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Siapa yang tidak tau dengan wisata goa yang satu ini, pastinya para teman-teman traveler mengetahui tempat wisata yang berada di Desa Gelaran Bejiharjo Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta ini. 


Keunikan dari Gua ini, kita menikmati keindahan staglatit yang masih tumbuh ke bawah di langit-langit gua dengan menggunakan ban atau tubing. Kenapa harus menggunakan ban? Karena gua ini dialiri sungai bawah tanah mulai dari mulut goa hingga ujung gua dan setelah ujung gua air tersebut mengalir disebuah Dam.

Gua ini aman untuk semua kalangan dari anak kecil hingga orang dewasa karena sungai ini tidak berarus deras walaupun musim hujan, sumber air sungai ini merupakan aliran dari sumber mata air Gedong Tujuh.


Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul?

Goa Pindul atau Gua Pindul adalah obyek wisata alam susur Gua bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong, salah satu tempat wisata dengan kategori minat khusus di Jogja. 

Cara menikmati obyek wisata ini adalah menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu dengan menggunakan ban dalam besar (tube) dan jaket pelampung, kami menyebut wisata ini dengan nama Cave Tubing Pindul.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta


Ban besar (tubing) tersebut sudah di modifikasi atau diberi pengait berupa tali menyilang di tengah berfungsi sebagai tempat duduk di atas air. 

Sementara jaket pelampung di pakai seperti rompi, dengan ukuran tertentu yang mampu menahan berat badan lebih dari 100 kg tetap mengambang di permukaan air. Snda tidak akan tenggelam jika memakai jaket pelampung yang sudah disediakan, karena sudah memenuhi standart team SAR.

Disediakan  3 jenis ukuran yang berbeda, yaitu kecil (untuk anak-anak), sedang/medium (all size untuk orang dewasa), besar (jumbo), dapat dipilih dan sesuaikan dengan ukuran tubuh.

Sebelum penyusuran wisatawan wajib melalui salah satu operator/pengelola. Dan wajib melakukan pembelian tiket. Harga tiket wisata goa pindul adalah Rp.35.000/orang domestic, harga tiket publish ini adalah harga tiket yang sudah ditetapkan bersama di semua operator.

Gua Pindul merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. Gunung Kidul. Tepatnya di sebelah timur kota Yogyakarta. Desa ini termasuk "Desa Wisata" di Gunung Kidul Yogyakarta. 

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sejak tahun 2010 silam Obyek Wisata ini mulai dikembangkan oleh masyarakat sekitar dan hingga sekarang masih menjadi target destinasi untuk para wisatawan lokal, nasional maupun internasional.

Tidak ada batasan usia atau jumlah minimum peserta untuk menyusuri Gua ini, karena sangat aman untuk segala usia. Dan berapapun jumlah peserta yang berkunjung, pengelola akan selalu siap untuk melayani dengan sebaik-baiknya di sini.

Dalam melakukan susur gua, Anda akan didampingi oleh beberapa guide/pemandu khusus dari operator yang tentunya sudah berpengalaman dan mengerti betul medan dan apa saja yang ada di dalam gua. Pemandu/guide berasal dari penduduk sekitar Pindul.

Sejarah dan Asal-usul Wisata Goa Pindul Jogja

Asal mula Goa Pindul dibuka sebagai obyek wisata. Karena mungkin jika Goa Pindul tidak dijadikan sebagai obyek wisata, Sejarah dari nenek moyang yang berisi tentang Goa Pindul ini pun tak pernah terkuak dan dituliskan disini.

Goa Pindul memang ada sejak dulu, bahkan mungkin tidak ada orang yang pernah tahu secara pasti kapan goa ini terbentuk. Gua Pindul terbentuk secara alami mungkin berjuta-juta tahun yang lalu sebelum masehi. Tidak ada unsur buatan manusia sedikitpun hingga membentuk lorong gua. Kealamian gua masih kami jaga hingga sekarang.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sebelum dibuka sebagai obyek wisata, Goa pindul hanya dijadikan tempat untuk aktivitas warga sekitar diantaranya untuk  mandi, mencuci pakaian atau tempat memancing.

Pada tahun 2010 akhir Goa pindul mulai dibuka sebagai obyek wisata oleh pokdarwis dari warga sekitar. Awalnya adalah sebuah ide dari seorang mahasiswa di salah universitas negeri di Yogyakarta (UGM), yang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Dusun Gelaran. Ingin meneliti bebatuan dan kedalaman air di dalam Goa Pindul.

Setelah masuk dan melihat keindahan didalam Goa, beberapa orang dari mereka mempunyai gagasan yang cukup mengagumkan mempunyai pemikiran yang menakjubkan bahwa Goa Pindul ini layak untuk dijadikan obyek wisata.

Menindak lanjuti ide dari sang mahasiswa tersebut, akhirnya beberapa bulan kemudian dilakukan penelitian mendalam dan terus menerus untuk meneliti dari segi keamanan dan kelayakan goa untuk wisata. Akhirnya pada 10 Oktober 2010 warga dan beserta pemerintah daerah meresmikan Goa Pindul sebagai obyek wisata minat khusus.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul yang dulu hanya warga sekitar saja yang berani masuk karena keterbatasan alat dan penerangan. Masyarakat juga masih menganggap goa ini sebagai goa yang sakral, sehingga tidak banyak yang berani masuk hingga ke dalam. Ini sebelum ada penelitian di goa pindul.

Meskipun sampai sekarang Goa ini masih dianggap sakral oleh warga sekitar, sebagian besar wisatawan yang sudah berkunjung di obyek wisata ini justru kagum dengan keindahannya. Dari yang semula mempunyai sedikit rasa takut sebelum masuk gua, namun setelah masuk justru malah rasa tukut itu hilang, terbayar dengan panorama yang ada didalamnya. "Unik menarik dan sangat seru !!!" ini adalah ulasan yang sering kami temukan di internet.

Wisatawan memang tidak perlu ragu untuk menyusuri goa pindul, keamanan dijamin 100%, jika anda mengenakan peralatan yang disediakan. Bukti nyata adalah seluruh pengunjung, yang jumlahnya mungkin sudah ratusan ribu orang. Mereka cukup nyaman, karena selain peralatan yang benar-benar safety masih didampingi pemandu yang cukup berpengalaman.

Dan di bawah ini terdapat kutipan Sejarah Goa Pindul :

"Asal Usul Goa Pindul" Goa Pindul,berasal dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang di utus oleh Panembahan Senopati Mataram,untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta Putri Panembahan Senopati. Dalam perjalanannya, kedua Abdi itu sepakat untuk tidak membunuh sang bayi. Keduanya lalu pergi kearah timur yaitu ke (arah Gunung Kidul), sementara itu sang bayi terus menangis, kedua utusan itupun memutuskan untuk memandikan sang bayi. Ki Juru Mertani naik ke salah satu bukit dan menginjak tanah di puncak bukit, dengan kesaktiannya tanah yang diinjak pun runtuh dan mengangalah sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya, kemudian sang bayi dimandikan di dalam goa di lubang tadi. Saat dimandikan "pipi" sang bayi terbentur (jawa = kebendul) batu yang ada didalamnya. Karena peristiwa tersebut akhirnya goa itu dinamakan Goa Pindul (Pipi Kebendul)



Itulah sejarah dan awal mula gua pindul, bukti otentik tentang hal ini juga bisa anda dapatkan.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Inilah Fakta dan Berita Menarik Seputar Goa Pindul


Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Bermacam-macam isu yang berkembang di publik mengenai berita goa pindul ditutup, goa pindul angker, goa pindul kontroversi dan sebagainya. Munculnya berita-berita di atas tidak bisa dihindari, sebab kepopuleran Goa Pindul di Jogjakarta ini memang sedang naik daun, bak seorang artis yang baru tenar, pasti akan mendapatkan tudingan buruk dari luar yang ingin menjatuhkan nama baiknya.

Sama halnya Goa Pindul, Obyek Wisata yang tergolong masih baru, awal dibuka tahun 2010-2011 dan mulai booming di awal tahun 2012 hingga sekarang,menjadi sorotan publik. Berita miring yang sering muncul pertama adalah kontroversi dan kericuhan antar pengelola, tetapi dianggap hanya sebagai isu. Karena memang disini tidak pernah terjadi hal-hal seperti itu. Sebab semua elemen dari masing-masing pengelola Goa Pindul adalah masyarakat atau penduduk sekitar Pindul.

Seiring berkembangnya Obyek Wisata Goa Pindul muncul dari berbagai pihak yang ingin mengelola goa pindul,dan tentunya yang diijinkan hanyalah masyarakat sekitar. Bukan dari investor asing atau pribadi atau PT. Dan hingga sampai sekarang ada sekitar 10 pengelola, terlihat ada beberapa warna pelampung yang berbeda warna, itulah yang salahsatu yang membedakan masing-masing operator. 

Dengan banyaknya pengelola akan semakin memperkuat solidaritas dan persaingan yang sehat semakin menambah kualitas dan pelayanan dari pada masing-masing pengelola. Berbagai kualitas fasilitas dan pelayanan adalah sebagai pemicu untuk menjadi lebih baik.

Untuk menampik anggapan yang kedua yaitu Goa Pindul ditutup, berita yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ditutupnya Obyek Wisata ini bukanlah karena konflik antar pengelola atau masalah internal, melainkan pada saat musim hujan dengan debit air yang banyak memang Goa Pindul ditutup untuk umum. Semua itu dilakukan tak lain hanyalah demi menjaga keamanan dan keselamatan wisatawan yang ingin menginjungi.

Anggapan ketiga mengenai Goa Pindul angker, adalah dari bagaimana dan dari sudut pandang mana mengambil kesimpulan. Bagi awam tentu menganggap tempat yang gelap di lorong goa adalah angker tetapi dari sisi lain keindahan yang tersembunyi itu adalah keindahan yang sebenarnya. Tidak sedikit yang menganggap goa pindul sebagai surga yang tersembunyi dibalik ramainya Jogja. Hampir semua obyek wisata pasti mengandung mistis, tentu bagi mereka yang mempercayainya.

Memang beberapa lokasi Goa Pindul sempat dijadikan syuting pembuatan film yang sedikit Horor dan tayang di televisi, tapi itu hanyalah sebuah rekayasa saja dari sang produser,yang kebetulan memilih Goa Pindul sebagai lokasi syuting. Keadaan sebenar-benarnya anda bisa membuktikannya di sini. Bertanya kepada orang yang sudah mengunjungi tempat ini berkali-kali, mungkin diantara teman, keluarga, atau kenalan anda.

Cave Tubing Goa Pindul

Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar 45 menit.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Cavetubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cavetubing adalah kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam. Karena aliran air di Gua Pindul ini tenang maka melakukan cavetubing di Gua Pindul ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil pernah.

Ditengah Gua, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya yang warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang diatas gua inilah dimana seringkali digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR atau latihan.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Saat anda melakukan susur gua di Gua Pindul ini, anda akan menemukan sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (Soko Guru).
Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan mempunyai peringkat no 4 di dunia. Stalagtit putting yg masih aktif siap menanti anda dengan tetesan airnya yang konon bisa bikin cantik dan awet muda, bagi yg lelaki untuk menambah vitalitas telah ditunggu stalagtit jantan, anda cukup memegang aja udah terasa bedannya. Bagi adik-adik di zona terang bisa berenang, lompat indah sambil lihat ikan cukup besar yg memamerkan keindahan tubuhnya.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Ada juga Stalagmit dan stalagtit yang menyatu, menjadi yang terbesar ke-4 di dunia, butuh 5 orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Besar ditengah-tengah Goa yang katanya sebagai tiang Goa. Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen disepanjang dinding Goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air didinding Goa.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Paket Cave Tubing Pindul

  1. Jasa pemandu
  2. Perlengkapan ( ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, Head Lamp )
  3. Asuransi
  4. Biaya Rp 35.000/ orang (Wisatawan Lokal)
  5. Biaya Rp 50.000/ orang (Wisatawan Mancanegara)
  6. Biaya Retribusi masuk kawasan Pindul : Rp.10.000 / orang

River Tubing Kali Oyo

Panjang sungai 1500m dg durasi 1 – 2 jam jika diarungi. Sepanjang aliran sungai terdapat tebing-tebing yg indah dan alami khas batuan karst Gunung kidul. Disana kita bisa menikmati keindahan aliran sungai Oyo dengan menggunakan ban dalam, seperti halnya di goa Pindul. Dengan ditemani pemandu dan peralatan yang membuat kita aman dan nyaman maka tak perlu takut untuk mengarungi sungai dengan kedalaman 7 – 11 Meter ini.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Air terjun yang terdapat di sungai Oyo juga sangat indah, disana pengunjung bisa beristirahat sejenak menikmati alam yang terdapat di sekitar sungai oyo. Selain itu pengunjung bisa juga meloncat dari pinggir tebing yang ada di sungai oyo, tentu saja bagi yang memiliki nyali yang besar, cocok buat yang suka tantangan.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Pada musim kemarau air bisa tenang, sehingga bisa membuat kita relax. Dan ketika debit air bisa banyak (di waktu musim hujan) maka pengunjung bisa merasakan arus yang lumayan deras namun aman. Wisata ini cocok untuk anda berombongan maupun hanya berduaan (dengan pasangan, kalo punya :p). Rasakan kebersamaan dan romantisme sungai oyo bersama, ditemani dengan senyuman manis pemandu yang akan mendampingi anda.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Paket  Rafting Sungai Oya

  1. Jasa pemandu
  2. Perlengkapan ( ban pelampung, jaket pelampung,sepatu karet )
  3. Transportasi
  4. Asuransi
  5. Biaya Rp 45.000/ orang

Caving Goa Gelatik

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Goa Gelatik berlokasi di wilayah desa bejiharjo, Karangmojo Gunung kidul, letaknya cukup dekat dengan goa Pindul. Keindahan goa ini melengkapi keberadaan desa wisata bejiharjo, pada jaman dahulu goa ini sering digunakan untuk bertapa orang-orang agar mendapatkan ketenangan diri. Namun sekarang goa ini menjadi tempat wisata dan tak ada lagi yang menggunakan untuk bertapa disini.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Disini pemandu akan mendampingi wisatawan di dalam goa, disamping itu pengelola sudah menyediakan perlengkapan keamanan berupa helm untuk menjaga kepala kita dari benturan dinding goa, selain itu ada juga sepatu mengingat di dalam goa keadaanya cukup licin sehingga tidak terpeleset, ada juga tabung oksigen untuk berjaga-jaga karena didalam goa udara cukup minim. Dan tidak lupa senter untuk menerangi selama perjalanan didalam gia Gelatik.

Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta

Memasuki di goa Gelatik dijamin akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, jadi tidak ada salahnya jika anda mengunjungi desa wisata bejiharjo dan mengunjungi goa Ini.

Goa Gelatik

  1. Jasa pemandu
  2. Perlengkapan ( sepatu, helm , oksigen)
  3. Asuransi
  4. Biaya Rp 30.000/ orang

Lokasi dan Peta Cave Tubing Goa Pindul

Berikut ini adalah rute dan lokasi wisata cave tubing goa pindul, semoga memudahkan anda untuk datang ke sini.

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul.


Gimana?? Liburan jadi lebih asik kan dengan menikmati keindahan alam dengan ketenangan air yang mengalir didalam goa...

Sumber :
www.tourjogjakarta.com
goapindul.com
www.pindul.net


1 Response to "Sungai Dibawah Tanah Di Goa Pindul Yogyakarta"

  1. Jogja memang surganya traveller, apa lagi menyusuri gua pindul pasti makin seru

    ReplyDelete