Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Rinjani Air Terjun Sendang Gile Dan Tiu Telep



instagram.com

Wisata pantai merupakan keunggulan dari pulau Lombok. Pulau yang hanya berukuran 5.435 m2 ini memiliki pesona pesisir yang tak kalah indah dibanding pulau Dewata. Selain tempat-tempat yang sudah banyak dikenal, seperti pantai senggigi, kuta, dan tanjung ann, masih banyak pasir putih dan laut biru yang minim popularitas namun sungguh memukau. Tak hanya itu udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau nan alami akan menyambut Anda. Pulau Lombok memang memiliki pesona wisata alam yang mengagumkan, yang menyatu dengan ritme yang menenangkan.

Tapi keindahan Lombok tidak hanya itu. Ada satu objek yang begitu terkenal dan tak pernah sepi dari kunjungan turis lokal bahkan asing. Yap,tidak lain lagi adalah  gunung Rinjani. Memang benar-benar suatu keunikan bahwa di pulau yang ukurannya tak seberapa ini tertancap gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia (setelah gunung Kerinci di Jambi). Berita mengenai keelokan sang gunung sudah tak asing lagi di telinga dunia. Gunung yang terletak di tengah-tengah pulau Lombok ini membuat atraksi Lombok tak semata didominasi oleh pantai, tetapi terdapat juga bermacam-macam air terjun yang mengalir deras nan menakjubkan.
Di sebelah Utara kaki Gunung Rinjani terdapat beberapa wisata air terjun yang cukup terkenal. Diantaranya adalah Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua air terjun ini mengalir membentuk satu aliran, mengaliri tebing yang bertingkat-tingkat, serta tertutup oleh dedaunan hijau dan tumuhan paku. Hembusan kabutnya memenuhi sekitar lembah, dan akan terasa sejuk ketika Anda berada di dekatnya. Sesekali Anda akan melihat lengkungan pelangi di dekat air terjun.

Kedua air terjun ini berada di satu lokasi, dengan Tiu Kelep berada di atas Sendang Gile. Air yang terjatuh dari Tiu Kelep kemudian mengalir dalam sungai hingga terjatuh kembali sebagai Sendang Gile. Berposisi lebih rendah, Sendang Gile memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter, sedangkan Tiu Kelep, menderu melewati tebing berketinggian kurang lebih 45 meter.

Secara administratif, Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Tengah. Waktu yang dibutuhkan dari Mataram-Desa Senaru kurang lebih 2,5-3 jam. Untuk masuk Senaru, pengunjung akan dikenakan biaya karcis masuk sebesar 10 ribu. Senaru sendiri merupakan salah satu gerbang pendakian ke gunung Rinjani, yang merupakan bagian dari jalur pendakian. Dikenal sebagai desa wisata, Senaru memiliki banyak penginapan, tempat informasi bagi turis yang ingin naik Rinjani, dan tempat makan.

id.lombokindonesia.org
Usut punya usut, konon dahulu kala seorang pangeran berlari dari kejaran seekor singa gila dan ia bersembunyi di balik air terjun. Legenda tersebut pun menjadi asal-usul nama Sendang Gile. Sedangkan “Tiu” merupakan bahasa sasak (bahasa daerah Lombok) yang berarti “kolam” dan “Kelep” berarti “terbang”. "Kolam terbang" Diberi nama demikian karena sang air terjun begitu perkasanya hingga menerbangkan buih-buih membasahi sekitarnya layaknya gerimis. Di tempat jatuhnya Tiu Kelep pun terdapat kolam yang tidak begitu dalam, seukuran pinggang, yang cukup aman apabila pengunjung hendak berenang. Kedua air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, serta membuat tampak awet muda. Masyarakat setempat juga percaya bahwa aliran air terjun akan semakin besar jika orang-orang disekitarnya berbicara semakin keras.

Air terjun Sindang Gile, terletak 600 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Rinjani. Bukit-bukit yang keren dan alam tenang, memberikan Anda istirahat yang nyaman, air mengalir dan jatuh di atas ketinggian 30 meter turun adalah air terjun paling indah di Lombok, air terjun untuk mengairi sawah bidang lingkungan dengan air jernih yang berasal dari Danau Segara Anak.

Air Terjun Sendang Gile terletak cukup dekat dengan pintu masuk wisata alam Lombok ini. Anda cukup berjalan kaki sejauh 15 Menit saja. Karena letaknya yang dekat pintu masuk, Air Terjun Sendang Gile lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bagi Anda yang tidak suka dengan medan yang terlalu berat, Air Terjun Sendang Gile merupakan pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi.

Di sepanjang jalan menuju ke kedua air terjun, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan lindung yang lebat. Hutan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Mayoritas flora yang tumbuh di area ini adalah tumbuhan tropis. Meskipun lebat dan rimbun, Anda tidak perlu khawatir akan tersesat. Karena jalan menuju Air Terjun Sendang Gile sangat jelas. Namun jika Anda ragu, Anda bisa meminta pemandu setempat untuk menunjukkan arah ke Air TerjunSendang Gile.

id.lombokindonesia.org
Jalan setapak menuju ke Air Terjun Sendang Gile mayoritas berupa anak tangga. Jalan ini cukup nyaman untuk Anda tempuh. Namun sesampainya di lokasi air terjun, Anda juga harus berhati-hati. Karena di sekitar air terjun terdapat banyak bebatuan yang besar. Jika Anda berdiri di tempat yang sedikit lebih tinggi, Anda bisa melihat aliran air yang memecah di bebatuan. Anda juga bisa duduk dan beristirahat di bebatuan tersebut, sembari menikmati pemandangan air terjun di depan Anda. Jika Anda merasa cukup dingin, Anda juga bisa ditemani dengan secangkir kopi yang bisa Anda peroleh di warung-warung di sekitar air terjun.

Bagi Anda yang menyukai trek yang menantang, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep. Untuk mencapainya, Anda harus berjalan kaki sejauh 45 Menit. Anda akan melewati sebuah tangga yang cukup curam. Setelahnya, Anda juga akan menyeberangi sungai yang cukup dangkal. Di sungai ini Anda akan merasakan kesejukan aliran air yang sangat bening. Anda juga akan menempuh jalan setapak, yang di sampingya terdapat sungai kecil dengan aliran air yang tenang.

Petualangan Anda akan menjadi sempurna ketika tiba di lokasi Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini cukup tinggi, yaitu sekitar sekitar 45 Meter. Alirannya yang cukup besar dan deras menimbulkan deburan yang cukup besar pula. Jika Anda tidak ingin basah, sebaiknya Anda memakai jaket anti air Anda. Tak jauh dari sana, Anda bisa menyaksikan sebuah pohon besar yang tumbuh di permukaan tebing.

Suasana yang segar dan pemandangan yang indah ini akan membuat Anda betah berada di lokasi wisata Lombok. Jika dalam perjalanan pulang Anda merasa lapar, Anda bisa mampir ke Restoran Senaru. Restoran ini berada di ketinggian yang cukup untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda sembari mencicipi hidangan khas Lombok. Di Restoran Senaru Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan lindung yang lebat, serta tebing-tebing yang mengelilingi lokasi Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Informasi Tambahan dan Peta
  • Lokasi: Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara.
  • Harga tiket: Rp. 10.000 per orang.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung: Jam 10.00-15.00 WITA.
  • Fasilitas umum: Restoran, warung makan, lahan parkir, toilet, pusat informasi, gazebo, dan mushola.
  • Hotel atau Resort terdekat: pondok senaru, tugu lombok hotel

Tips Berwisata
  • Gunakanlah alas kaki yang tidak licin dan cocok untuk medan terjal.
  • Sebaiknya Anda tidak berkunjung pada musim penghujan.
  • Bawa juga pakaian ganti.
  • Hindari berenang tepat di bawah terjunan, karena Anda bisa tenggelam.
  • Lindungi kamera Anda dan barang-barang elektronik lainnya di sekitar air terjun.
  • Jangan memetik, merusak, atau mengganggu flora dan fauna yang Anda temui.
  • Jangan meninggalkan sampah di sepanjang jalan maupun di sekitar air terjun