IKLAN

   
                     
     
 

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta memiliki karakter ombak yang cukup tinggi dan besar. Karena itu hampir di setiap pantai terdapat larangan untuk berenang di laut, bahkan jika ingin mandi-mandi dan bermain ombak hanya boleh di pesisir pantai yang dangkal. Kondisi ini menjadikan wisatawan tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling.

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Meski begitu Anda tidak usah buru-buru kecewa. Ternyata, di deretan pantai-pantai berombak besar tersebut tersembunyi satu pantai yang tenang dan berair dangkal sehingga cocok dijadikan tempat berenang maupun snorkeling. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor.

Berbentuk teluk mungil yang diapit dua bukit, Pantai Nglambor benar-benar masih bersih dan alami. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan, tapi justru disitulah keasyikannya. Kita seolah-olah berada di pantai pribadi. Untuk mencapai bibir pantai wisatawan harus memarkir kendaraan di tepi jalan kemudian berjalan kaki melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut.

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Pantai Dengan Dua Kura-Kura Raksasa

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Tepat di depan teluk terdapat dua pulau karang yang bentuknya menyerupai dua kura-kura raksasa yang sedang berkejaran. Selain menambah kecantikan panorama pantai, dua pulau karang tersebut ternyata juga berfungsi sebagai penahan ombak. Hal tersebut menjadikan perairan di tepi pantai dangkal. Terumbu karang pun tumbuh dengan indah akibat terbebas dari terjangan ombak besar.

Air laut yang cukup jernih menjadikan wisatawan bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Wisatawan pun bisa snorkeling atau berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar.

Lokasi Rute Menuju Pantai Nglambor Wonosari

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Secara administratif rute menuju Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai Nglambor adalah lokasi yang baik untuk Snorkeling, ketika orang mencari tempat snorkeling yang bagus di Jogja adalah di Pantai ini Pantai Nglambor. Lokasinya sekitar 70 km dari kota Jogja, keindahan pantai Nglambor tidak diragukan lagi dan uniknya dari pantai Nglambor adalah terdapat dua karang besar yang menyerupai kura-kura.

Keistimewaan lain dari pantai Nglambor adalah air lautnya yang jernis sehingga pengunjung dapat leluasa melihat karang, ikan dengan berbagai jenis, rumput laut dan aneka biota laut dari permukaan air. Selain itu pengunjung dapat melakukan aktifitas snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak, karena memang lokasi pantai Nglambor ini berada di teluk. Tidak jarang pengunjung luar jogja pun banyak yang berdatangan ke pantai Nglambor. Apalagi harga paket snorkling Pantai Nglambor juga sangat murah.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor dan Paket Snorkling

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Untuk masuk ke kawasan Pantai Nglambor ini pengunjung dikenai biaya retribusi yang sudah satu paket jika masuk melalui jalur Pantai baron dkk.  Harga Tiket Masuk pantai Nglambor adalah Rp. 10.000 termasuk juga Pantai Jogan, dan pantai Siung. untuk biaya parkir standar Sepeda Motor Rp. 2.000 Mobil Rp. 5.000 dan Bus Rp. 10.000.  Yang paling menarik dari Pantai Nglambor adalah sensasi Snorkling dan menikmati biota laut di Pantai karang dengan air yang begitu jernih. Untuk harga snorkling di Pantai Nglambor, pengunjung cukup menyiapkan Rp. 35.0000 saja. Tentu saja harga paket Snorkling Pantai Nglambor ini sangat murah karena terdiri dari Baju selam, kacamata snorkle, Foto UW, dan sepatu. Kemanan juga terjamin karena dipandu oleh para Guide yang berpengalaman.

Aktivitas yang dapat dilakukan

  • Bermain pasir putih
  • Berenang
  • Snorkeling.
  • Kamu bisa menyewa alat untuk snorkeling seharga Rp.50.000,- per setnya meliputi masker, snorkel dan sepatu karet plus tiga frame foto di bawah air ketika sedang snorkeling.


 Fasilitas

  • Hotel/Penginapan


Jika kamu datang dari luar kota dan baru tiba di Wonosari Gunung Kidul sore atau malam hari, sebaiknya menginaplah di hotel yang terdapat di pusat kota Wonosari karena di sana tidak seperti pantai Indrayanti yang sudah dikelola dengan baik oleh pihak swasta sehingga kamu tidak akan mendapati penginapan di sana. Pagi setelah subuh barulah mulai berangkat menuju pantai Nglambor. Jadi sebaiknya cari hotel di kota Wonosari karena selain murah, kita juga bisa lebih leluasa mencari santap malam dengan harga yang lebih terjangkau. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “wonosari“.

  • Tempat Ibadah


Fasilitas tempat ibadah seperti musholla tidak akan kamu dapati di sana karena memang pantai ini masih sangat alami dan hanya ada rumah yang tinggal di bibir pantai tersebut. Jadi jika ingin menjalankan shalat, sebaiknya mampirlah di musholla yang bisa kamu dapati di sepanjang perjalanan menuju ke sana.

  • Toilet


Begitu juga dengan toilet atau wc umum, kamu hanya bisa menumpang di rumah warga satu-satunya yang tinggal di bibir pantai tersebut dengan memberi donasi seikhlasnya kepada pemilik rumah.

  • Tempat Parkir


Tempat parkir di pantai hanya diperuntukkan untuk sepeda motor karena memang akses jalan masuk ke pantai Nglambor dari jalan aspal belum memungkinkan untuk dilewati mobil. Jadi jika kamu datang ke sana membawa mobil, maka kamu harus memarkirnya di pinggir jalan menuju jalan masuk ke pantai. Setelah itu kamu harus naik ojek dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

Tips Berwisata ke Pantai Nglambor

  • Bawalah sandal karet (jepit) karena kamu akan melewati karang dan bebatuan yang tajam untuk mencapai bibir pantai. Jadi jika membawa mobil, sebaiknya langsung ganti sandal ketika akan menuju pantai dengan ojek.
  • Topi dan kacamata hitam juga perlu untuk melindungi kulit dari terkena teriknya panas sinar matahari terutama jika kamu membawa teman atau keluarga yang tidak akan melakukan snorkel atau berenang.
  • Bawalah pakaian ganti karena di sana beluma ada tempat penyewaan baju renang.
  • Berhati-hatilah ketika snorkeling, karena terkadang ombak datang dengan kencang sehingga jika tidak berhati-hati, kamu bisa tergores bebatuan karang.
  • Waktu yang paling tepat untuk snorkeling adalah pagi hari atau sore hari karena pada siang hari biasanya tidak jelas karena terkena bias sinar matahari.

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja

Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja



Sumber :

http://www.njogja.co.id/
http://wisatapedi.com/
http://www.wisatabagus.co/

2 Responses to "Pantai Nglambor Tempatnya Snorkeling di Jogja"