IKLAN

   
                     
     
 

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satu dari 34 provinsi yang ada di Indonesia ini cukup terkenal dikalangan traveller / pelancong. Daerah yang berada di pulau Jawa dan cukup dekat dengan Solo dan Semarang Jawa tengah ini memang dari dulu mempunyai keistimewaan sendiri. Bermacam obyek wisata yogyakarta yang dapat kita temui di provinsi ini. Selain sebagai tujuan wisata, Jogja merupakan salah satu kota tujuan para pelajar untuk menuntut ilmu karena banyaknya universitas / perguruan tinggi ternama yang terdapat pada wilayah ini. seperti UGM, UNY dll

Tak hanya wisata budaya, sejarah, dan kuliner, Yogyakarta juga punya lokasi wisata air yang seru. Apalagi wisata air di Yogyakarta terbentuk secara alami. Berikut empat destinasi wisata air yang bisa dijajal saat liburan di Yogyakarta.

1. Sebaiknya Kalian Coba Jogja Bay, Waterpark Terbesar di Indonesia!

Meski Jogja terkenal dengan wisata budaya dan edukasi, bukan berarti Jogja tak memiliki tempat berlibur khusus untuk keluarga bersenang-senang sepanjang hari. Nah, khusus bagi keluarga penggemar wisata air, Jogja mempunyai tempat wisata air terbaru yang dijamin akan membuat betah berlama-lama. Wisata air terbaru di Jogja ini merupakan wahana air terbesar di Indonesia. Lokasi Jogja Bay Waterpark ada di Maguwoharjo, Sleman berdekatan dengan Stadion Maguwoharjo yang bertaraf internasional, Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark siap memanjakan siapapun yang masuk ke sana.

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Selain menjadi wahana air terbesar di Indonesia, Jogja Bay Waterpark juga merupakan wahana air tercanggih serta terlengkap. Dengan gambaran itu saja terbesar, tercanggih, terlengkap dengan mudah wahana air ini akan langsung diserbu oleh pengunjung. Hal ini terbukti dengan gaungnya yang telah menyebar luas bahkan sebelum wahana air ini diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X 20 Desember 2015.


Bayangkan saja, dengan luas mencapai 7,7 hektar wahana air ini akan sangat mudah ditemukan. Disamping lokasinya persis berada di samping utara Stadion Maguwoharjo yang juga terkenal. Dengan lokasi yang sangat mudah ditemukan, wahana air ini tentu saja akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jogja yang perlu dikunjungi. 

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Rute Menuju Jogja Bay Waterpark

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa lokasi Jogja Bay Waterpark tidak jauh dari Stadion Maguwoharjo, Sleman. Stadion Maguwoharjo sendiri terletak di lokasi strategis karena sangat mudah diakses dari beberapa tempat sekaligus seperti Solo, Klaten, atau bahkan dari Magelang dan Purworejo. Jika pengunjung datang dari arah Klaten, Solo, atau Bandara Adisucipto Yogya, cukup arahkan kendaraan anda ke arah barat hingga sampai pertigaan sebelum Jembatan Layang Janti. Belok kanan pada pertigaan tersebut hingga Stadion Maguwoharjo terlihat dengan jelas. Jogja Bay Waterpark berada di sebelah utara Stadion Maguwoharjo. Jika pengunjung datang dari arah barat seperti Purworejo, cukup arahkan kendaraan ke arah Ringroad Utara, ikuti sampai ketemu dengan Stadion Maguwoharjo.

Harga Tiket Masuk Jogja Bay

Tiket masuk ke Jogja Bay Waterpark dibedakan atas tiket anak-anak dan orang dewasa. Tiket masuk Jogja Bay Wtaerpark untuk anak-anak seharga Rp 60.000 dan tiket masuk untuk dewasa seharga Rp 90.000 untuk weekdays, sedang untuk weekend berlaku Rp. 75.000 untuk anak-anak dan Rp. 100.000 untuk anak-anak. Tunggu dulu, untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis, sementara untuk dewasa dengan usia lebih dari 65 tahun seharga Rp 60.000. Harga Tiket Masuk tersebut sudah termasuk semua Wahana dengan pelampung dan ban gratis

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Mengapa Jogja Bay Waterpark menjadi yang terlengkap? Salah satu yang membuat Jogja Bay Waterpark menjadi waterpark unggulan adalah adanya wahana yang disebut "How to Survive in Tsunami and Earthquake." Di dalam wahana ini, pengunjung akan merasakan 9 jenis ombak yang berbeda. Ombak yang digunakan dalam wahana ini sangat deras sehingga pengunjung akan merasakan sensasinya yang luar biasa. Semua wahana atau permainan di waterpark ini sudah teruji keamanannya dan tidak akan mengancam keselamatan. Bahkan di semua wahana kami dijaga oleh life guard yang ahli dibidangnya

Itulah info mengenai  Jogja Bay Waterpark, bagaimana? Terdengar sangat menarik bukan? Jogja Bay Waterpark bisa menjadi pilihan ketika sedang berlibur bersama keluarga di Jogja, dan merasakan sensasi liburan yang berbeda di Jogja, So manfaatkan liburan long weekend kali ini di Jogja Bay Waterpark.

2. Pemandian Tirta Budi, Blue Lagoon di Sleman

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Di salah satu sudut wilayah Sleman, tepatnya di Desa Dalem, Widodo Martani ada sebuah lubuk dari anak Sungai Opak yang mengalir jernih dan segar. Sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN, menyebut lubuk tersebut sebagai ‘blue lagoon’ Bersama masyarakat, mereka memperbaiki jalan setapak dan membersihkan wilayah tersebut serta menjadikan sebuah tempat wisata sederhana yakni “Pemandian Tirta Budi”

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Dengan luas sekitar 30 meter persegi dan kedalaman 3 m, jika dalam keadaan tenang maka airnya tampak biru. Inilah yang menjadi daya tarik untuk mandi dan bermain di sana. Selesai mandi dan bermain, bisa membilas diri dengan mandi di pancuran mata air. 

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Untuk mengisi perut dan menghilangkan rasa haus atau menghangatkan badan, pengunjung bisa membeli makanan dan minuman di warung-warung sederhana. Pada hari biasa, yang berkunjung di tempat ini hanyalah warga dari desa setempat dan tetangga yang jumlahnya tak lebih dari 20 – 30 orang. Tetapi pada masa liburan, banyak pengunjung dari wilayah lain termasuk luar kota dengan jumlah sekitar 70 – 100 orang. Jumlah yang tak terlalu banyak bagi sebuah desa wisata untuk mendongkrak perekonomian warga setempat.

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Untuk masuk ke blue lagoon ini, pengunjung wajib membeli karcis seharga 3000 rupiah perorang. Biaya parkir sepeda 1000 rupiah, sepeda motor 2000 rupiah, dan mobil 3000 rupiah. Sebuah harga yang amat murah, sekedar untuk perawatan sarana dan prasarana dan dana pembangunan desa.

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

3. Kembang Soka, Pesona di Tengah Hijaunya Lereng Gunung Kelir

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Kembang Soka, sebuah nama obyek wisata yang membuat saya sangat penasaran. Obyek wisata Kembang Soka terletak di lereng gunung Kelir, desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. 

Perjalanan menuju obyek wisata Kembang Soka dari Yogyakarta bisa melalui rute jalan Godean lurus ke barat menuju Naggulan hingga ke Jatimulyo yang akan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Tetapi ada rute lain yang dapat ditempuh yaitu melalui kota Wates, Kulon Progo menuju Clereng kemudian Sidomulyo yang akhirnya akan sampai juga di desa Jatimulyo. 

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Jalanan menanjak dengan pemandangan sawah berundak di kanan kiri. Selain itu Anda juga disuguhi hijaunya perbukitan menoreh yang terlihat dari jalan raya. Semilir angin terasa ketika perjalanan sudah mulai naik ke arah menuju Kembang Soka. 

Menuju kembang soka akan melewati Gunung Lanang sebagai salah satu spot sunrise, kemudian melewati taman Goa Kiskendo. Petunjuk arah menuju obyek wisata Kembang Soka cukup jelas dan sangat membantu para wisatawan untuk menuju tempat wisata. Terdengar suara kambing yang menyambut ketika akan sampai di kawasan Kembang Soka. Suasana khas pedesaan masih bisa dirasakan oleh kami saat menginjakkan kaki di Desa Jatimulyo ini.



Lereng gunung Kelir menyuguhi pemandangan berupa batuan kapur yang pahatannya terlihat dari jalan raya. Pahatan-pahatan alam membentuk seperti sebuah istana besar yang ditutupi oleh rimbunnya pepohonan. Warga di lereng gunung Kelir mengembangan perkebunan yang ditanami cokelat, kopi dan vanili. 

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Kembang Soka ini terletak di tengah perkebunan cokelat milik warga dengan jalanan turun yang cukup curam, lebih baik tidak mengenakan alas kaki agar tidak terjatuh saat melewati jalanan yang licin. Selain jalanan berupa tanah berundak, ada beberapa wot (jembatan dari bambu) yang dibuat secara swadaya oleh warga.

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Tempat tersebut dinamai Kembang Soka karena dahulu banyak pohon soka. Tetapi saat ini sudah tidak lagi ditemukan pohon Soka di kawasan Kembang Soka. 

Saat melintasi separuh jalan tanah berundak yang curam, anda akan menemukan pancuran air bersih yang ditampung di sebuah gentong yang terbuat dari tanah yang bernama Toyo Tombo. Toyo berarti air dan tombo berarti obat, air ini dapat digunakan sebagai lantaran (perantara) untuk menyembuhkan orang yang sedang sakit bagi yang mempercayainya.

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Kemudian menurut cerita leluhur beliau, saat perang Jawa Pangeran Diponegoro melintasi daerah Kembang Soka yang kemudian kuda Pangeran Diponegoro pernah dimandikan disini. Oleh karena itu pelintasan pemandian kuda Pangeran Diponegoro dinamai Tuk Jaran. Tuk berarti mata air, 

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Ada 3 mata air utama di kawasan Kembang Soka yaitu Kembang Soka, Tuk Jaran dan Kalimiri. Ketiga mata air ini melewati sungai dengan batuan kapur dan membentuk air terjun. Pertemuan dua air terjun besar membentuk kolam yang bisa digunakan untuk berenang. 

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Obyek wisata Kembang Soka dibuka pada bulan Januari 2015 tetapi baru diresmikan oleh Bupati Kulon Progo bapak dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) pada tanggal 15 Juni 2015. Menurut para perintis, obyek wisata Kembang Soka didirikan secara swadaya oleh warga yang sadar akan wisata, jadi obyek wisata ini tidak ada dibawah dinas Kehutanan ataupun dinas Pariwisata. Warga bersama-sama membangun tempat wisata dengan harapan kedepan akan meningkatkan perkeonomian di desa Jatimulyo.

Wajah  Kembang Soka bersih dari sampah dan sudah disediakan tempat sampah dari bambu di sepanjang jalan menuju tempat pemandian. Tiket masuk menuju obyek wisata kembang soka sebesar Rp 4000/orang, namun apabila membutuhkan pelampung untuk berenang ditambahkan biaya sebesar Rp 2500/orang. Untuk harga tiket parkir roda dua sebesar Rp 2000 dan roda empat Rp 5000.

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

4. Menelusuri Sungai Bawah Tanah di Kalisuci

Mau main air dengan sensasi bertualang? Datanglah ke Kalisuci. Wisatawan dapat menelusuri sungai, masuk ke goa, sembari tubing alias menaiki ban botak. Jangan takut untuk bertualang di Kalisuci yang terletak di kawasan Gunung Kidul ini.

Goa Kalisuci di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta menawarkan pesona wisata yang luar biasa. Wisatawan dapat menelusuri sungai bawah tanah yang terdapat di goa yang merupakan bagian dari karst Gunungsewu itu dengan teknik cave tubing.

Cave tubing merupakan aktivitas menyusuri goa dengan menggunakan alat bantu berupa perahu karet atau ban dalam. Kalisuci memiliki air yang jernih dengan lebar bervariasi antara 5 sampai 10 meter. Ada beberapa bagian goa yang harus dilewati dalam paket wisata yang ditawarkan.

4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta

Wisatawan akan diberi pengaman seperti pelampung, helm, dan pelindung betis agar tak cedera. Pemandu juga akan menemani dari awal sampai akhir petualangan, jadi tetap aman bagi Anda yang tak bisa berenang.

Selama menelusuri goa-goa tersebut pengunjung akan menyaksikan berbagai ornamen goa yang indah beserta ekosistemnya.

Sumber : webwisata.com / kompasiana.com /kompas.com

2 Responses to "4 Destinasi Wisata Air Asyik di Yogyakarta"