IKLAN

   
                     
     
 

Wisata Watu Layah Tlogopucang Temanggung, Surga Hutan Pinus Terpopuler

Wisata Watu Layah Tlogopucang Temanggung, Surga Hutan Pinus Terpopuler


Ada tempat wisata di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yang lagi populer, terkenal dan ngehits. Adalah Gerdu Pandang Watu Layah yang terletak di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Temanggung yang menyuguhkan pemandangan indah berupa hamparan hutan pinus yang hijau bak surga.

Suhunya sangat sejuk, ada banyak tanaman di sana. Selamat datang di Watulayah, sebuah kawasan wisata baru yang lagi ngehits, semacam hutan kecil yang dipenuhi pohon pinus dan ratusan jenis pohon yang hijau dan rimbun. Cuitan burung menghiasi nuansa di objek wisata Watulayah, begitu asri dan alami.








Ada beberapa spot yang sangat menarik untuk foto selfie untuk kemudian diunggah di Facebook, Twitter, Instagram dan jejaring sosial lainnya. Salah satunya, gerdu pandang yang bisa membawa traveler, wisatawan atau backpacker untuk menyaksikan pesona surga hutan yang rimbun di Kabupaten Temanggung.

Seolah tidak mau kalah dengan destinasi wisata Bukit Barade di Magelang, Jurang Tambelan di Bantul Yogyakarta, dan Kalibiru di Kulon Progo. Belum lagi, suasana kabut yang menyelimuti ribuan pohon pinus membuat suasananya seperti di film-film yang kita tonton.

Bedanya dengan Kalibiru, pengunjung bisa melihat perpaduan danau, pegunungan dan perbukitan, serta hutan yang hijau di sejumlah spot gerdu pandang. Jika di Watu Layah, pengunjung bisa menyaksikan indahnya hamparan hutan dan pegunungan yang diselimuti kabut, seperti terbang melayang di angkasa, serasa seperti di kahyangan, kerajaan para dewa-dewi.


Lokasi Watu Layah Temanggung




Arah lokasi menuju objek wisata Watu Layah, tidak jauh dari Watu Angkrik yang terletak di Desa Tlogopucang sebelah utara, Kecamatan Kandangan.

Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat, nanti akan dicarikan rutenya yang tepat. Atau, Anda bisa gunakan smartphone untuk melihat Google Maps dan mulai berjalan sesuai lokasi yang Anda inginkan.

Tiket masuk dan fasilitas


Di sini, traveler akan menikmati gerdu pandang sebagai spot untuk selfie. Ada pula rumah pohon yang bisa digunakan untuk foto bersama pacar. Lokasinya cukup romantis, cocok untuk pacaran dan kencan.

Ada juga bangku-bangku untuk sekadar istirahat atau ngobrol bareng teman dan komunitas. Saat ini, tiket masuk tempat wisata Watu Layah masih gratis. Hanya saja, traveler mesti membayar biaya parkir Rp 2.000.

Murah meriah sekali, bukan? Sangat cocok untuk backpacker yang ingin menikmati indahnya surga hutan pinus dari atas gerdu pandang di kabupaten yang terkenal dengan komoditas tembakaunya ini. Tentu, Watulayah menjadi tempat paling romantis untuk kencan dan pacaran dengan gebetan yang lagi terkenal, populer dan ngehits.



Video : youtube chanel kota temanggung

Mandi Kabut di Wisata Baru Watu Layah, Temanggung



Sebagian wisatawan yang ingin berlibur ke Jawa Tengah, masih setia dengan Jogja, Wonosobo dan Semarang. Nah, yang harus kamu tahu, ada banyak tempat asyik untuk berlibur di Jawa Tengah selain ketiga daerah tersebut. Temanggung, salah satunya.


Bila beberapa waktu lalu kami mengenalkan tempat wisata di Temanggung yang lagi hits dan kece badai, kali ini kami akan mengenalkanmu pada salah satu tempat wisata baru di Temanggung bernama Watu Layah. Yup, nama yang cukup familiar ya? Saking barunya, saat kamu masukkan keyword Watu Layah di Google, justru yang keluar Watu Layah yang ada di Gunungkidul. Jangan salah ya. Watu Layah yang kami bahas ini terletak di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung.


Jadi apa yang membuat Watu Layah di Temanggung layak kamu kunjungi?


Foto dari @lissalia_


Keindahan serta panorama alam di sini sangat mengasyikkan. Belum lagi kabut pekat yang menyelimuti pepohonan serta bukit kecil di sekelilingnya akan buatmu betah berlama-lama. Hal menarik lainnya adalah kamu bisa menaiki sebuah gardu pandang berukuran besar untuk melihat hamparan pepohonan dan panorama alam. Oh ya, kamu juga bisa mandi kabut di sini :D Dan dengan ijin Pokdarwis setempat, kamu bisa camping ceria bersama teman-teman di Watu Layah.


Fasilitas yang ada di Watu Layah terbilang cukup untuk ukuran wisata baru. Kamu akan menemui area parkir dan warung kecil. Untuk akses jalannya terbilang baik, meski di beberapa titik kamu akan menemui jalan berbatu. Kendaraan bermotor juga bisa sampai lokasi, kok. Kabar terbaru yang didapat, tiket masuk Watu Layah belum ditetapkan, tapi kamu harus bayar parkir Rp. 2.000/motor. Kalau kamu tahu harga tiket terbaru Watu Layah, komen di kolom komentar ya, guys.


Rute yang bisa ditempuh ke Watu Layah Temanggung terbilang mudah, kamu bisa langsung ke Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. Jaraknya tak terlalu jauh dari Embung Tlogopucang, tinggal lurus lalu belok kiri. Bila bingung gunakan Google Maps dengan kordinat -7.208135, 110.246337.

Watu Layah Temanggung terbilang kece untuk kamu kunjungi bersama teman atau kekasih. Tak terlalu bising dan sangat bisa menikmati panorama alam khas Jawa Tengah. Selain itu, karena masih wisata baru, pengujung yang datang belum terlalu ramai. Jadi, yuk #exploretemanggung.

Btw, tetap jaga kebersihan dan jangan melakukan hal yang merugiakan orang di sekitarmu ya. Keep explore and be wise travelers!


mau kesini?? ingat bro


Jangan tinggalkan sampah dan apa pun selain jejak, jangan ambil apapun selain foto, jangan bunuh apapun selain waktu. Nikmati alam sangat dibolehkan, namun bertanggung jawab agar anak cucu juga kita bisa menikmati..!!!

 

Demikian tadi Informasi Tempat Wisata  Yang Menarik Dikunjungi di Temanggung. Semoga dapat bermanfaat untuk anda sekalian.


1 Response to "Wisata Watu Layah Tlogopucang Temanggung, Surga Hutan Pinus Terpopuler"

  1. wah artikel yang sangat menarik, terimakasih ya. Saya merekomendasikan website pariwisata yang dapat menambah wawasan, silahkan kunjungi http://pariwisata.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete