ADS

PIKNIK ASIK DI GEMBIRA LOKA ZOO

PIKNIK ASIK DI GEMBIRA LOKA ZOO
photo by; dekcita.blogspot.com


PIKNIK ASIK DI GEMBIRA LOKA ZOO
photo by; ardiansyahreza.id

Salah satu tempat wisata yang menyajikan berbagai macam binatang adalah Gemira Loka Zoo yang merupakan objek wisata di yogyakarta, disini anda dapat berwisata sekaligus belajar ,apalagi bagi anak-anak itu sangat menyenangkan, karena mereka akan melihat secara langsung berbagai macam binatang, yang selamai ini hanya dapat dilihat di gambar, dan televisi saja. Kebun binatang Gembira Loka terletak di Jln. Kebun Raya No. 2 Kota Gede Yogyakarta. Gembira Loka adalah tempat wisata yang cukup luas, yamg menempati areal seluas 20 hektar. Karena, kebun binatang ini mampu menampung banyak spesies, yang terdidi dari sekitar 100 spesies satwa, dan lebih dari 50 spesies flora. Kolesi satwa kebun binatang ini tergolong lengkap. Dan sejak tahun 2010 telah melakukan banyak perbaikan  serta pembaharuan sehingga kini jauh lebih menarik untuk dikunjungi.

Gembira Loka merupakan sebuah tempat wisata yang bertemakan kebun binatang dan tempat wisata dengan tersedianya beberpa wahana yang cukup lengkap disana. Kebun Binatang ini dibangun kurang lebih 1933 atas ide dari sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Yang awal mulanya menginginkan tempat hiburan, lihat saja arti dari Gembira Loka (Gembira berarti Senang Loka berarti Tempat). Namun, tempat pemelihara satwa menjadi sebuah kebun binatang publik baru di realisasika pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Kebun Binatang Gembira Loka menarik untuk dikunjungi bagi semua orang, tanpa memandang umur, tapi paling di sukai oleh anak-anak. Mereka dapat melihat berbagai macam hewan yang tentunya jarang dilihat di kehidupan sehari-hari karena habitat aslinya di hutan. Beberapa jenis hewan yang dapat dilihat di kebun binatang ini antara lain: kijang, banteng, gajah sumatra, rusa tutul, simpanse, zeba tapir brazil, beruang madu, kuda nil, bekatan dll. Selain melihat pengunjung dapat menunggangi onta atau gajah. Dan tentunya para pengunjung yang menunggang onta atau gajah akan di temanai seorang pawang. Biayanya tidak mahal Cuma sebesar Rp. 10.000. Gembira Loka ini merupakan kebun binatang satu-satunya yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. 
PIKNIK ASIK DI GEMBIRA LOKA ZOO
photo by; amadeapradhipta.blogspot.com
PIKNIK ASIK DI GEMBIRA LOKA ZOO
photo by; gembiralokazoo.com
PIKNIK ASIK DI GEMBIRA LOKA ZOO
photo by; wisatakaka.com

Gembira Loka juga tergolong museum dalam kategoti museum satwa. Gembira Loka dalam sejahrahnya termasuk musium tertua di yogyakarta setelah museum senobudoyo. Kebun binatang ini sangatlah unik dari pada kebun binatang pada umumnya. Karena di Gembira Loka terdapat berbagai macam hiburan dan museum. Pada awal anda masuk lokasi ini maka museum yang di tata sedemikin  rupa sehingga mirip dengan laboratorium pendidikan alam.Di Gembira Loka juga terdapat beberapa danau buatan yang berfungsi untuk tempat wisata dan juga tempat hidup beberapa ikan yang sengaja di kembang biakan. Danau tersebut juga bertujuan untuk menaik perhatian pengunjung, setiap pengunjung bisa menggelar tikar mereka atau duduk-duduk bercengkrama di samping danau tersebut. Tak hanya melihat satwa-satwa yang ada atau duduk di tepi danau, di Gembira Loka juga terdapat beberapa wahana seperti kolam renang, waterboom, dan wahana permainan anak seperti ayunan, jungkat jungkit, sebagai tempat rekreasai bersama keluarga.                

Lokasi & Harga Masuk Gembira Loka Zoo

PIKNIK ASIK DI GEMBIRA LOKA ZOO
photo by; tempat-wisata.web.id
Dari terminal Giwang sampai ke kebun binatang berjarak sekitar 4 km. Sedangkan kalau dari kawasan malioboro dan kraton yogyakarta berjarak 6 km. Untuk mencapai tempat ini para wisatawan dapat menggunakan barbagai macam alat transportasi umum seperti bus kota, taxsi, bus trans jogja ,becak dan andong, apabila becak dan andong menjadi pilihan anda pastikan berada di tidak jauh dari tempat ini. Jika anda pilih bus kota pilih jalur 9 atau 7,sedangkan bila transjogja pilih bus trayek 1B. Bus dengan trayek ini akan behenti di halte yang letaknya berdekatan dengan Kebun Binatang Gembira Loka. Tiket masuk dapat dibeli dengan harga Rp 25.000 untuk hari biasa dan Rp.30.000 untuk sabtu,minggu selain membeli lagsung di loket yang terletak di pintu masuk ,para pengunjung juga dapat memesan online di situs resmi kebun binatang tersebut.