ADS

WISATA CANDI NGEMPON

WISATA CANDI NGEMPON
photo by; rifan fajrin


Candi Ngempon adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Semarang yang menyimpan pontensi sangat besar. Candi Ngempon adalah kompleks candi kuno yang terletak di Kelurhan Ngempon ( dari situlah namanya di peroleh ), kecamatan bergas ,kabupaten semarang. Kompleks Candi Ngempon sebenarnya kecil saja ,yakni terdiri dari empat candi kecil yang ditilik dari arsitektunya mempunyai banyak kesamaan dengan yang di kompleks candi gedong songgo ,bahkan dengan kompleks candi dieng. Diperkirakan Candi Ngempon dibangun pada masa Wangsa Sanjaya yang dibangun pada abad ke8.
WISATA CANDI NGEMPON
photo by; www.eksapedia.com

Candi Ngempon terletak di lembah di lembah yang merupakan areal persawahan, candi dikelilingi dengan pagar yang sengaja dibuat untuk membatasi sekitar candi. Disamping itu posisi candi dekat dengan sungai. Sepintas candi-candi yang sudah direkontruksi tersebut tampak sama,karena detail lengkung dan ornamennya sangat persis ,namun sejatinya ada candi yang berukuran lebih besar di banding yang lain. Memang tidak di pungut biaya untuk memasuki area candi ngempon karena tidak ada petugasnya, namun ada kotak sumpangan yg bisa diisi suka rela dengan tujuan perawatan candi, karena bagai manapun Candi Ngempon aset sejarah yang harus dijaga kebersihan dan kelestaraiannya.
WISATA CANDI NGEMPON
photo by; deskgram.net

Candi Ngempon pertama kali di temukan pertama kali pada tahun 1952, ketika seorang petani bernama kasri sedang menggali disawahnya. Tanpa sengaja tergalihlah batu-batu yang kemudian diketahui merupakan struktur candi. Candi inilah yang kemudian direstorasi dan akhirnya dibuka untuk umun,kendati hanya empat bangunan yang dapat struktur aslinya , sementara lima lainya di biarkan karena mungkin sulit untuk di bentuk kembali. Dililit dali struktur bangunannya, maka kawasan Candi Ngempon ini dapat digolongkan sebagai candi Hindu.
Pembangunan Candi tersebut dikerjakan pada tahun 1952 oleh Dinas Purbakala untuk menyusun sebuah Candi dari reruntuhan tersebut. Dalam perkembangannya, pada tahun 2006 Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah menyusun lagi sebuah candi yang ukuanya lebih kecil dari yang pertama. Ditempat ini di temukan 9 titik pondasi candi namun hanya 4 candi saja yang slesai direkontruksi. Didalam Candi Ngempon terdapat patung yang ditemukan antara lain Durga,Ganesa,kinara kinari,dan nandi. Arca-arca tersebut berukuran satu meteran dan kini di simpan di Museum Ronggowarsito Semarang. 
WISATA CANDI NGEMPON
photo by; ardiyanta.com


WISATA CANDI NGEMPON
photo by; serbaserbikehidupan.blogspot.com


Fasilitas Pertirtaan Candi Ngempon

Kawasan pemandian air panas derekan inilah yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal untuk mandi-mandi sambil berrekreasi bersama keluarga. Dulu ketika pertama kali dibuka tahun 2009, masih banyak smpah berceceran khususnya sachet shampo. Namun setelah pemandian itu dibangun dan ditambahkan atap,kecuali pada petirtaan kunonya, kini pengunjung tidak diperbolehkan keramas karena sudah di sediakan fasilitas kamar mandi dan penitiapan barang.

Jalur Ke Candi Ngempon Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang

Dari arah semarang ,Ambarawa maupun Salatiga langsung berpusat di satu jalur semarang solo atau semarang jogja ,berhenti di depan pasar karangjati kabupaten semarang. Berebelahan dengan pasar karangjati ada kantor polsek disitu ada pertigaan yang dari semarang belok ke kiri sedangkan dari slatiga ambarawa belok ke kanan. Jalan menuju ke timur atau menuju pringapus. Setelah 2KM dari kantor polsek ada pertigaan dan belok kekanan sampai menemukan papan nama Candi Ngempon. Belok ke kiri dan tidak jauh dari papan nama tersebut ada gapura kecil masuk mengikuti jalan cor beton untuk sampai di lokasi Candi Ngempon